Solusi Mengatasi Ketidakpatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis


 

SOLUSI MENGATASI KETIDAKPATUHAN MINUM OBAT PASIEN TUBERKULOSIS

Farida P. Situmorang¹´², Rispan Kendek¹´³, Willi F. Putra¹

¹Divisi Penelitian, Papuan Youth Health
²Klinik TBC, RSUD Yowari Kab. Jayapura
³Klinik HIV/AIDS dan IMS, RSUD Yowari Kab. Jayapura

ABSTRAK

Tuberkulosis masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia hingga saat ini. Salah satu upaya untuk mengendalikan TB yaitu dengan pengobatan. Pengobatan tuberkulosis merupakan upaya paling efisien untuk mencegah penularan kuman TB. Strategi pengendalian TB yaitu strategi DOTS yang terdiri dari lima komponen kunciy aitu komitmen politis, penemuan kasus melalui pemeriksaan dahak mikroskopis yang terjamin mutunya, pengobatan yang standar dengan supervisi dan dukungan bagi pasien, sistem pengelolaan dan ketersediaan OAT yang efektif, sistem monitoring, pencatatan dan pelaporan yang mampu memberikan penilaian terhadap hasil pengobatan pasien dan kinerja program.

Terdapat berbagai tantangan selama masa pengobatan pasien tuberkulosis yang membutuhkan waktu yang lama, yaitu lama pengobatan 6-8 bulan, kemiskinan, kegagalan menjalani program TB, perubahan demografi, pasien tidak memahami pentingnya aturan pengobatan penyakit TB, pekerjaan, biaya transportasi menuju tempat layanan kesehatan, dan lain sebagainya. Di samping itu, munculnya resistensi OAT, kurangnya pengawasan pemerintah terhadap program pengobatan dan budaya masyarakat yang menganggap TB merupakan penyakit keturunan atau penyakit kutukan. Masalah-masalah tersebut dapat menjadi alasan bagi seorang penderita tuberkulosis tidak patuh dalam menjalankan pengobatan bahkan menghentikan pengobatannya.

Untuk mengatasi masalah selama masa pengobatan, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi ketidakpatuhan pasien tuberkulosis, antara lain menjaga komitmen pengobatan, adanya dukungan keluarga, pendekatan ‘peer educator’ atau teman sebaya dan penggunaan alat bantu demi peningkatan kepatuhan berobat. Masalah ketidakpatuhan sepatutnya menjadi perhatian seluruh pihak untuk memutuskan mata rantai penularan, mencegah terjadinya TB resisten obat maupun kematian.

Kata kunci : tuberkulosis, ketidakpatuhan, solusi

Untuk membaca secara lengkap silakan klik Download

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *