#PYHGoToSchool SD Negeri Tobati


Sa sehat, ko sehat, sa pintar, ko pintar, ayo sarapan

“Sa sehat, Ko sehat. Sa pintar, Ko pintar. Ayo sarapan!”

Begitulah kalimat yang diteriakan oleh anak-anak Sekolah Dasar Negeri Tobati pagi itu, 18 Februari 2015. Anak-anak SD Negeri Tobati dari kelas satu hingga kelas enam mengikuti sosialisasi tentang Sarapan Sehat dalam program #PYHGoToSchool. Kegiatan #PYHGoToSchool sendiri bertujuan untuk mempromosikan kesehatan kepada siswa/i di tanah Papua melalui materi sosialisasi maupun bentuk promosi yang lain, meningkatkan kepedulian dan kesadaran siswa/i akan pentingnya kesehatan dan menjangkau sekolah – sekolah yang selama ini jarang mendapatkan promosi kesehatan.

Kegiatan #PYHGoToSchool inipun baru pertama kali dilakukan dan mendapat respon yang sangat positif dari siswa/i maupun guru-guru dari sekolah yang dikunjungi. Hal itu terlihat saat pertama kali tim PYH datang ke sekolah dan disambut dengan nyanyian dari adik-adik di SD Negeri Tobati. Meski medan yang cukup berat dengan jalan yang menurun dan menanjak sekitar 1,5 km menuju sekolah tersebut namun tim PYH tetap semangat dalam melakukan kegiatan #PYHGoToSchool.

Kegiatanpun dimulai dengan bernyanyi lalu berdoa bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PYH, Regina Tanati dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SDN Tobati, Bapak Tunggul Ompusunggu. Setelah sambutan – sambutan, adik-adik ini diajak sarapan bersama yang disponsori oleh Nestle.

sarapan pagi siswa/i SD Negeri Tobati     Sehabis menikmati sarapan bersama, dimulailah sosialisasi tentang Sarapan Sehat oleh dr. Renny Sulelino. Pada sosialisasi itu dijelaskan tentang fungsi dari sarapan, waktu sarapan yang tepat dan apa saja yang harus dikonsumsi ketika sarapan. Adik-adik mendengar dengan seksama penjelasan dari dokter dan mereka mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan seputar materi sosialisasi.

Pembawaan materi oleh dr. Renny Sulelino

Ada juga Games menarik yang diadakan oleh tim PYH melibatkan seluruh adik-adik yang ikut sosialisasi. Pemenang-pemenang dari Games yang diadakan mendapat hadiah dari Nestle berupa tas dan tempat pensil. Ada juga hadiah yang disediakan oleh tim PYH sendiri berupa buku dan alat tulis.

Setelah pembagian hadiah, ada pembagian bingkisan dari Nestle dan buah jeruk kepada adik – adik dan guru – guru SD Negeri Tobati. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama tim PYH dan pihak sekolah.

Foto bersama pengurus Papuan Youth Health dan siswa/i SDN Tobati

Mau sehat, pintar dan kuat? Ayo rajin sarapan!

Sampa jumpa di kegiatan #PYHGoToSchool berikutnya!

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *