Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan


Manfaat Cokelat untuk KesehatanKata cokelat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Dokumentasi paling awal tentang cokelat yaitu di temukan sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100-1400 tahun SM. Bagi Suku Aztec biji kokoa merupakan “makanan para dewa” (theobroma, dari bahasa Yunani).
Rasa cokelat dipengaruhi oleh kualitas biji kakao, lama waktu pemanggangan dan jumlah tahapan lain dalam proses produksi. Semakin pahit rasa cokelat batangan, makin baik kualitasnya karena cokelat ini tidak terlalu banyak mengandung gula atau zat tambahan lain. Yang harus dinikmati dari cokelat adalah kandungan biji kakao yang terkandung di dalamnya bukan gula yang ditambahkan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan :
1. Cokelat dapat menangkap radikal bebas dari dalam tubuh. Cokelat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Antioksidan mampu menangkap radikal bebas dalam tubuh.

2. Cokelat dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Fenol sebagai antioksidan mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (langkah awal pembentukan plak di arteri/atherosclerosis) dan kandungan lemak pada coklat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

3. Cokelat dapat mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi cokelat hitam dapat menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung pada hampir 50% kasus.

4. Cokelat dapat meredakan batuk. Zat terbanyak yang terkandung dalam cokelat adalah theobromine. Senyawa yang ditemukan pada kakao, dapat mengurangi batuk, dengan mempengaruhi ujung saraf sensorik dari saraf vagus yang berjalan melalui saluran udara di paru.

5. Cokelat dapat mencegah penyakit kanker. Flavonoid cokelat melindungi sel dari kerusakan oleh radikal bebas yang berkontribusi pada timbulnya penyakit jantung dan perkembangan sel kanker.

6. Cokelat dapat menurunkan tekanan darah. Menurut ilmuwan, cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

7. Cokelat dapat mencegah stroke. Senyawa yang mengandung flavanol yang ditemukan dalam cokelat yang disebut epicatechin berkhasiat untuk menjaga tubuh terhadap kerusakan stroke.

8. Cokelat sebagai sumber nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Cokelat mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu cokelat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium.

9. Cokelat hitam dapat membantu indera penglihatan semakin tajam (Peneliti di Reading University). Flovanol diyakini mampu memperbaiki penglihatan karena flovanol meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang membantu melebarkan pembuluh darah, yang memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke retina.

10. Cokelat hitam dapat mengurangi efek pra menstruasi. Dark chocolate atau cokelat hitam diketahui mengandung magnesium asam lemak omega tiga dan enam yang mampu meningkatkan suasana hati dan baik untuk mengurangi efek pra menstruasi.

11. Cokelat dapat mencegah kerusakan gigi. Penelitian telah menemukan bahwa theobromine dalam cokelat mampu mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, bakteri yang di temukan di rongga mulut yang memberikan konstribusi terhadap kerusakan gigi.

12. Cokelat membantu pembentukan otot kaki. Menurut para ilmuwan, senyawa kimia pada kakao dapat menumbuhkan respon psikologis dalam peningkatan masa otot.

13. Cokelat untuk menjaga kesehatan otak. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam baik untuk kesehatan otak. Para peneliti di Johns Hopkins University menemukan bahwa cokelat mampu melindungi sel saraf otak dari kerusakan yang lebih lanjut pada saat terjadi serangan stroke.

14. Cokelat dapat meningkatkan energi saat olahraga. Kombinasi Dark Chocolate dan olahraga rutin dapat menaikkan performa hingga 50%. Cokelat hitam memiliki epicatechin yang dapat menstimulasi pertumbuhan otot dengan lebih baik dan memacu semangat, sehingga menjadi salah satu energi booster paling ideal saat berolahraga.

15. Cokelat dapat membantu konsentrasi. Kandungan theobromine, phenethylamine dan kafein menstimulasi meningkatkan tingkat kesadaran dan kemampuan berkonsentrasi.

16. Cokelat baik untuk ibu hamil.

17. Cokelat dapat meningkatkan gairah seks.

18. Cokelat dapat mengatasi diare. Hasil studi melaporkan kalau bubuk cokelat potensial mengatasi diare karena kandungan flavonoid di dalamnya mampu menghambat sekresi cairan dalam usus halus.

19. Cokelat dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita penyakit hati. ~Aditya Tamanampo
(Sumber : The Miracle of Chocolate)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *