1000 PEMUDA PAPUA PEDULI HIV/AIDS 2


1000 pemuda papua peduli hiv aids

1000 pemuda papua peduli hiv aids

Dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS se-dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, PYH (Papuan Youth Health) bekerja sama dengan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Provinsi Papua, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas Cenderawasih, BEM Fakultas Kedokteran, BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat, HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Pendidikan Ners dan HMJ Farmasi Universitas Cenderawasih mengadakan kegiatan #1000PemudaPeduliHIVAIDS – “Sebuah Awal Kolaborasi: Membangun Optimisme Pemuda-Pemudi Papua Peduli HIV/AIDS”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 November 2014 di halaman Fakultas Kedokteran Uncen. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak seluruh mahasiswa/mahasiswi kesehatan dan masyarakat umum untuk dapat berkomitmen peduli terhadap HIV/AIDS di Tanah Papua. Kegiatan dibuka dengan pidato singkat oleh Pembina PYH Dr. Marthen Sagrim, SKM, M.Kes dan Regina S. Tanati, S.Ked sebagai Ketua Panitia.

Dalam kegiatan ini, PYH mendirikan stand yang didalamnya  berisi berbagai poster, CD, brosur tentang HIV/AIDS, foto-foto kegiatan PYH, merchandise PYH serta presentasi kasus HIV/AIDS di Tanah Papua.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan di atas spanduk putih sebagai tanda komitmen para pemuda untuk melawan HIV/AIDS. Aksi penandatanganan dibuka oleh beberapa perwakilan, antara lain: dr. Agnes Sri Rahayu sebagai perwakilan dari pihak Fakultas Kedokteran Uncen, Dr. Marthen Sagrim sebagai Pembina PYH, Bapak Daud perwakilan dari KPA, Yoan Wanbitman ketua BEM Universitas Cenderawasih dan Obet Nego Naa sebagai perwakilan dari BEM FK Uncen.

Penandatanganan 1000 PEMUDA PEDULI HIV/AIDS

Lebih dari 1000 mahasiswa dan masyarakat umum datang ke acara ini dan menandatangani spanduk putih sebagai tanda komitmen melawan HIV/AIDS. Tidak hanya menandatangani spanduk putih, para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk berfoto bersama di Photobooths yang telah disediakan.

Acara dimeriahkan dengan adanya live music dari para penyanyi lokal seperti Abe Rap, Rapper USTJ dan beberapa yang menyanyikan lagu-lagu dengan pesan yang positif. Acara ditutup pada sore hari setelah kegiatan selesai.

Foto bersama beberapa tamu 1000 PEMUDA PEDULI HIV/AIDS

Kegiatan bertema hari HIV/AIDS tidak sampai disitu saja. Pada tanggal 1 Desember 2014 PYH juga bergabung dalam kegiatan peringatan hari HIV/AIDS di Lapangan Brimob Kotaraja. Acara yang dimulai dengan jalan santai ini dihadiri oleh ratusan masyarakat Kota Jayapura. PYH turut membuka stand dan membagikan poster-poster serta brosur kepada masyarakat yang mengunjungi stand PYH. Masyarakat yang berkunjung ke stand dan peduli akan komitmen memerangi HIV/AIDS di Papua juga membubuhkan tanda tangan mereka di atas spanduk putih dan berfoto bersama properti yang disediakan.

Pejabat setempat yang juga mengunjungi stand PYH, antara lain Wakil Walikota Jayapura (Bpk. Hj. Nur Alam), Ketua KPA Provinsi Papua (drh. Constan Karma), Asisten I Setda Provinsi Papua (Doren Wakerwa, SH), Kepala Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM Propinsi Papua (Demianus Rumbiak). Akhirnya, setelah kegiatan di Lapangan Brimob selesai berakhirlah rangkaian acara PYH memperingati hari HIV/AIDS.Para tamu di stan Papuan Youth Health

Mari bersama-sama melawan bahaya HIV/AIDS. Sayangi diri kita dengan menjaga diri dari bahaya penularan HIV/AIDS. Jauhi virusnya bukan orangnya!. ~ Olivia Lamia

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “1000 PEMUDA PAPUA PEDULI HIV/AIDS